IHT PENYUSUNAN KURIKULUM MERDEKA

Dalam rangka implementasi kurikulum merdeka pada tahun pelajaran 2022/2023, SMK Negeri 2 Blora mengadakan kegiatan penyusunan dokumen kurikulum merdeka. Kegiatan dilaksanakan hari selasa, 10 mei s.d Kamis, 12 Mei 2022 melibatkan guru muatan Nasional dan Kewilayahan dan semua guru kejuruan. Semua guru yang terlibat dalam kegiatan tersebut sebelumnya telah mengikuti kegiatan pengimbasan pada forum MGMP. Pada Implementasi kurikulum merdeka ini, SMK Negeri 2 Blora mendapatkan bimbingan dari sekolah pengimbas yaitu SMK Negeri 1 Blora yang pada tahun pelajaran sebelumnya telah menggunakan kurikulum Pusat Keunggulan sebagai cikal bakal dari kurikulum merdeka.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Pengawas Pembina SMK Negeri 2 Blora, Bapak Gatot Wiyanto, S.Pd, M.Pd dan Bapak Bambang Purwanto, S.d. Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun dokumen kurikulum merdeka yang terdiri Buku 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Analisa Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar.
Buku 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) disusun oleh Ketua Kompetensi Keahlian MPLB (Manajemen Perkantoran Layanan Bisnis) Dra. Heru Dwi Supriyati beserta tim, Ketua Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga Sita Nurni, S.Pd beserta tim, Ketua Kompetensi Keahlian Busana, Yuli Suko Awalin, S.Pd beserta tim dan Ketua Kompetensi Keahlian Pemasaran Sri Mariani, S.Pd beserta tim.
Sedangkan Analisa Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar disusun oleh tim guru mata pelajaran.
Pada kesempatan tersebut Bapak Gatot Wijayanto menekankan bahwa sekolah harus kooperatif menghadapi dinamika kurikulum SMK. Beliau menegaskan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka ini semua guru harus terus belajar secara mandiri diantara melalui aplikasi merdeka belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.